PROPOSAL PENELITIAN SKRIPSI
PENGARUH PENGGUNAAN LABORATORIUM ALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI
TERBIMBING (GUIDE INQUIRY) PADA POKOK
BAHASAN PENGUKURAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VII SMP PGRI SUKAMORO
TAHUN 2010

1.Latar Belakang
Fisika merupakan salah satu cabang dari
IPA. Ilmu fisika ini terus berkembang maka dalam mempelajari ilmu fisika sangat
diperlukan suatu cara pembelajaran yang tepat dengan tujuan agar siswa dapat
memahami, menguasai, menerapakan dan mengembangkan dalam kehidupan sehari-hari.
Untuk mencapai tujuan tersebut hal yang perlu mendapat perhatian adalah proses
pembelajaran. Salah satu usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan, Depdiknas
mulai tahun ajaran 2004 menerapkan kurikulum baru yaitu kurikulum berbasis
kompetensi, dimana pendidikan tidak lagi berpusat pada guru ( teacher center), tetapi lebih
dipusatkan kepada siswa (student center)
disini siswa dituntut lebih aktif di
kelas, menemukan pengetahuan sendiri dengan bimbingan guru bersangkutan
Hal
ini dikarenakan kurang aktifnya siswa dalam kegiatan pembelajaran, siswa tidak
menggunakan benda-benda konkrit dalam menemukan rumus dan penyelesaian
soal-soal. Kegiatan yang kurang melibatkan aktifitas siswa, merupakan salah
faktor penyebab sulitnya siswa memahami materi yang diajarkan guru.
Untuk
memahami materi yang abstrak, siswa memerukan benda-benda yang konkrit dalam
proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru dapat menggunakan satu
metode belajar atau pendekatan dengan menggunakan laboratorium alam.
Dalam
kegiatan pembelajaran yang menggunakan laboratorium alam ini mungkin belum
banyak digunakan, dan dengan menggunakan laboratorium alam dimaksudkan agar
pemahaman tentang konsep-konsep fisika pada siswa dapat lebih meningkat dan
akhirnya prestasi belajar fisika meningkat.
Penulis memilih tempat
penelitian di SMP PGRI Sukamoro dengan pertimbangan berdasarkan observasi bahwa
kelas VII khususnya kurang menyukai pelajaran fisika dan mengangggap pelajaran
fisika sulit dipahami karena itulah
penggunaan laboratorium alam harus dilakukan sehingga dapat menjadi
motivasi bagi siswa dalam mempelajari fisika sehingga dapat meningkatkan
efektivitas pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa.
Berdasarkan
uraian diatas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “PENGARUH PENGGUNAAN LABORATORIUM ALAM
DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI TERBIMBING (GUIDE INQUIRY) PADA POKOK BAHASAN PENGUKURAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
SMP KELAS VII SMP PGRI SUKAMORO TAHUN 2010.”
Untuk lebih lengkapnya silahkan Klik Di Sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar